Senin, 11 Februari 2008

Si manis dan si pahit rupa


Cerbung


Dahulu kala di sebuah kerajaan makmur. Bertahtalah seorang Raja Bernama Ruli. Ia adalah raja bijaksana, baik budi pekerti, sehingga rakyat sangat menghormati dan menjunjungnya. Kerajaannya memiliki kekayaan yang melimpah ruah, ladang dan sawah tumbuh subur dengan hasil panen yang berkah, perekonomian rakyatnya tercukupi serta hidup dengan aman dan sejahtera. Tidak jauh dari kota kerajaan, di sebuah desa dipinggiran hutan.


Tinggalah seorang pria paruh baya, Heru, bersama dua orang putrinya, yang sulung berusia 12 tahun dengan nama Sri Retnowati dan putri bungsunya 9 tahun diberi nama Puspa Ningrum . Retno adalah seorang pemalas, tidak terlalu cantik parasnya, tidak baik budi pekertinya dan memiliki kebiasaan mengeluh, dan kadang kala meminta sesuatu hal terhadap ayahnya yang tidak mungkin sanggup dituruti oleh kehendak ayahnya. Sebaliknya, Puspa, adalah seorang gadis cantik, riang, pintar, baik hati dan suka membantu pekerjaan-pekerjaan ayahnya dengan mencari kayu bakar, serta mengurus pekerjaan-pekerjaan di dapur.


1 komentar:

Masadepan mengatakan...

Bram, teruslah menulis, karena dengan menulis kemampuan akan terus terasah, jangan pernah berhenti hanya karena belum banyak tau, semoga tulisan-tulisan baik cerpen, novel maupun opini akan bisa menginspirasi banyak orang